Siswa BIAS Mengenal Ekosistem di Sekitar Sekolah

Spread the love

Belajar tidak harus di dalam kelas, inilah kalimat yang tepat digunakan untuk menggambarkan kegiatan di sekolah Bina Anak Sholeh Yogyakarta. Setiap jenjang di Sekolah Bina Anak Sholeh Yogyakarta selalu memiliki kegiatan yang menarik dan tidak hanya di kelas. Seperti siswa di Sekolah Dasar BIAS Kaliurang, para siswa diajak untuk mengenal alam dengan langsung melihatnya. Kegiatan yang dilakukan kali ini adalah mengenal ekosistem yang ada di sekitar kita. Ekosistem merupakan keanekaragaman suatu komunitas dan lingkungannya yang berfungsi sebagai suatu satuan ekologi dalam alam (kbbi online).

Baca Juga: Muda Mendunia Bersama BIAS Digital Entrepreneurship

Siswa Sekolah Dasar BIAS Kaliurang didampingi Ustadzah mengunjungi sawah dan sungai yang ada di sekitar sekolah. Tujuan dari kegiatan ini, selain mengenalkan siswa kepada ekosistem yang ada di sekitar, siswa diajak langsung untuk melihat tumbuh-tumbuhan yang ada di dalam ekosistem tersebut. Tak hanya itu, siswa tentu diedukasi mengapa perlu mengenali lingkungan (ekosistem) sebagai bagian dari mempelajari tanda-tanda kebesaran Allah. Karena sejatinya kita sebagai manusia diperintahkan untuk mempelajari tanda-tanda kebesaran Allah dan mensyukurinya.

Seperti yang tercantum dalam Surat Al-Baqarah (2) ayat 164, Allah SWT berfirman yang artinya, “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan dan pengisaran angin dan awan yang dikenadlikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan. (rzk/0319)

Posted in SIBIBIAS-News.