workshop penulisan kreatif

WORKSHOP PENULISAN KREATIF ANTOLOGI JARINGAN BIAS

Spread the love

Kreatifitas adalah salah satu poin yang harus dikembangkan dalam diri anak-anak. Menjadi “kreatif”, merupakan proses menciptakan ruang-ruang ide yang bisa membuat anak menjadi empati akan keadaan lingkungan sekitar. Selain itu, bisa menuntun anak-anak untuk mandiri dalam berpikir dan menyampaikan gagasannya.

Sejak tahun 2009, Sekolah Bina Anak Sholeh (BIAS) selalu mengadakan sayembara penulisan kreatif untuk murid-murid BIAS. Mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA. Penulisan kreatif ini dibagi dalam beberapa kategori. Bagi murid SD, kategori tulisan yang di tampilkan adalah khusus penulisan Puisi atau cerita pengalaman pribadi. Murid SMP kategori khusus untuk penulisan Feature atau biografi tokoh yang mengandung keistimewaan dan keteladanan. Sedangkan murid SMA, kategori tulisan khusus untuk penulisan esai atau artikel singkat dengan sudut pandang Islam disertai ayat atau hadits. Semua karya murid-murid yang telah terpilih, akan dibukukan dalam Antology Jaringan BIAS.

Dalam rangka menyambut kegiatan ini, BIAS mengadakan workshop penulisan kreatif, untuk memfasilitasi para pengajar BIAS dalam membimbing murid-murid yang mengikuti sayembara penulisan kreatif. Pengajar BIAS yang hadir berasal dari semua cabang sekolah BIAS yang ada di Yogyakarta. Selain itu pengajardari sekolah BIAS Semarang, Magelang, Cilacap, Gombong, Klaten, Pati, Kudus, Purwokarta, Jepara, dan Solo juga turut serta dalam pelatihan penulisan kreatif ini.

Acara workshop dan pelatihan penulisan kreatif ini diadakan pada tanggal 12 Januari 2019, dan materi Workshop ini diisi oleh Ibu Sri Jati Rahayu, M.Pd. Dalam workshop ini Ibu Sri Jati Rahayu menyampaikan hal-hal yang harus dilakukan oleh pembimbing, misalnya kriteria tata penulisan karya dan keasliaan karya. Para peserta sangat antusias dengan workshop yang diadakan.

Workshop ini bertujuan untuk membantu perwakilan masing-masing pengajar dari sekolah BIAS dari berbagai daerah, agar dapat membuat program pengendalian antologi di sekolah masing-masing. Nantinya para pengajar yang telah mengikuti pelatihan ini diaharapkan dapat membimbing siswa-siswi BIAS menghasilkan karya yang tidak sekedar sebuah tulisan, namun karya yang juga bermanfaat bagi orang lain.

======
Kunjungi Media Sosial Kami:
Instagram
Facebook
Youtube

Posted in SIBIBIAS-News.