KTK BIAS News – “Bermain untuk melatih konsentrasi ADHD”

Spread the love

Seringkali orangtua melarang anak-anaknya bermain dengan alasan bermain itu merupakan kegiatan yang membuang-buang waktu. Orangtua juga membatasi watu bermain untuk anak dan memaksa anak untuk menghabiskan waktunya untuk belajar. Padahal, masa kanak-kanak adalah masa dimana mereka bermain, karena dengan bermain mereka dapat lebih mengasah potensi yang ia milliki.

Terlebih pada anak ADHD, Attention Deficit Hyperactive Disorder, merupakan salah satu kelainan yang sering dijumpai pada gangguan perilaku pada anak. kondisi anak-anak yang memperlihatkan ciri-ciri atau gejala kurang konsentrasi, hiperaktif dan impulsive yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan sebagian besar aktivitas hidup mereka. Masalah pokok yang dihadapi anak ADHD adalah kesulitan dalam perhatian berkelanjutan, pengendalian atau penghambatan impuls, kegiatan berlebih, kesulitan mematuhi peraturan dan instruksi, dan adanya respon berlebih dalam situasi tertentu khususnya pekerjaan sekolah.

Terapi bermain merupakan salah satu terapi modifikasi perilaku yang berguna untuk mengajarkan perilaku yang diinginkan, dengan permainan anak-anak dapat melakukan latihan konsentrasi tanpa merasa sedang menjalani proses terapi dan menjadi lebih bebas mengekspresikan tingkah lakunya. Oleh karena itu Pemberian terapi bermain dimaksudkan agar dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi pada anak ADHD.
.
.
FB : sibibias
IG : @sekolahBIAS
TW : @sekolahBIAS
Web : www.sibibias.sch.id
Email : sibibias@gmail.com
Telpon : 0274-389200
.
.
sibibias #biasJogja #anaksholeh #belajartauhid #sekolahIslam #pendidikan#belajar #solusiorangtua #kelastumbuhkembang #terapikonsentrasi#terapianak #adhd #gangguankonsentrasi #autis #KTKbiasWirosaban

Posted in BSS News, KTK News, SIBIBIAS-News.

Leave a Reply